19:33 | Nama Pohon Andalas Diambil Jadi Nama Pulau Sumatera - 19:32 | Kabut Asap Berdampak Ke Sumatera Barat - 19:32 | Bupati Irdinansyah Ajak Masyarakat Hindari Dampak Buruk Kabut Asap - 19:32 | 45 Anggota DPRD Bengkalis Resmi Dilantik - 19:31 | Bupati Amril Hadiri Pelantika Anggota DPRD Bengkalis Masa Jabatan 2019-2024
Rabu, 23 Oktober 2019
Follow:
 
Wabup Zuldafri Darma Buka Alek Pacu Jawi III Koto

FAKTAPOST.COM:Pacu Jawi merupakan warisan budaya leluhur yang harus terus kita lestarikan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka acara Alek Pacu Jawi di Sawah Gadang Tarantang Sayang Nagari Tigo Koto Kecamatan Rambatan, Sabtu (8/6).

"Sebagai salah satu warisan nenek moyang kita yang sampai saat ini masih tetap lestari tentu kita patut bersyukur dan bangga. Untuk itu kita juga dituntut untuk terus mengembangkannya menjadi salah satu andalan pariwisata daerah," ujar Zuldafri Darma.

Lebih lanjut Wabup mengungkapkan bahwa Alek Pacu Jawi ini sarat dengan nilai-nilai budaya masyarakat Minangkabau yang ternyata sampai saat ini masih kental, sehingga apa yang kita saksikan saat ini juga dilakukan oleh para nenek moyang kita dahulu.

Sementara Wali Nagari Tigo Koto Muhammad Hatta mengungkapkan bahwa Alek nagari Pacu Jawi ini berkaitan erat dengan adat dan budaya masyarakat Minangkabau terutama di kabupaten Tanah Datar, sehingga pelaksanaannya pun selalu dilakukan setelah waktu shalat Dzuhur dan diakhiri waktu shalat ashar masuk. "Ini kaitannya agar kegiatan ibadah masyarakat tidak terganggu dengan adanya kegiatan Pacu Jawi," kata M. Hatta.

Dia juga mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada data yang pasti terkait kapan awal dimulainya alek pacu jawi di kabupaten Tanah Datar, karena informasi yang dikumpulkan selama ini tidak ada yang pasti dan akurat.

Ditambahkan sebagai informasi kepada masyarakat luas bahwa pelaksanaan Alek Pacu Jawi di Tigo Koto ini akan dilaksanakan selama empat kali Sabtu dan akan ditutup pada tanggal 29 Juni mendatang.

Sementara Kabiro Humas Provinsi Sumatera Barat Jasman yang juga berkesempatan hadir mewakili Gubernur Sumatera Barat, mengatakan bahwa Pacu Jawi ini meruapakan event yang sangat luar biasa. Untuk itu kita harus terus berikan perhatian dan tingkatkan lagi keberadaannya.

Kita juga akan berusaha mensinkronkan agendanya dengan event-event besar lainnya di Sumatera Barat bahkan kalau perlu nasional. Sehingga Alek Pacu Jawi yang sangat kita banggakan ini bisa menjadi event nasional, ungkapnya.

Kita juga patut berterimakasih kepada para fotografer dan wartawan yang selalu setia mempublikasikan Alek Pacu Jawi di berbagai media, sehingga Pacu Jawi dikenal dan diketahui oleh dunia. "Yang jelas ini merupakan ajang promosi gratis dan kita patut bersyukur," kata Jasman diakhir sambutannya.

Acara pembukaan Alek Nagari Pacu Jawi di Tigo Koto kecamatan Rambatan ini juga dihadiri oleh Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata provinsi Sumbar Derliati, Kadis Parpora Tanah Datar Abdul Hakim, Kabag Humas dan Protoko Setda Tanah Datar Yusrizal, Camat Rambatan Dedi Triwidono beserta Forkompimca, Ketua KAN dan BPRN nagari Tigo Koto serta niniak mamak dan undangan lainnya***


(Ynt)



Index Foto
 
 
virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2015 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]