Senin, 16 09 2019
Follow:
 
FAKTA POST / Rokan Hilir
Defisit Anggaran,
Bupati Rohil: SKPD Diminta Gali Potensi PAD

Jumat, 22/07/2016 - 15:56:30 WIB

BAGANSIAPIAPI:Terjadinya defisit anggaran di tahun 2016 ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) hanya mampu melaksanakan pembangunan di APBD murni dengan jumlah sangat sedikit.

Selain itu, di APBD-P Pemkab Rohil juga hanya bisa melaksanakan program pembangunan yang belum terlaksana pada tahun lalu.

Agar pembangunan bisa bertambah dan tidak mengharapkan Dana Bagi Hasil (DBH) minyak dan gas (Migas) dari pemerintah pusat, maka Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diminta untuk menggali potensi yang ada di Negeri Seribu Kubah ini dengan maksimal," pinta Bupati Rohil, H Suyatno Amp, baru-baru ini di Bagansiapiapi.

Ia mengatakan, dengan penurunan anggaran di tahun ini sebesar Rp913 miliar. Nah, dengan defisit anggaran ini tentunya kita harus memanfaatkan sekaligus menggali potensi yang ada, karena hanya itu solusi terbaik untuk terus melaksanakan berbagai pebangunan di negeri ini.

"Sebab, anggaran yang tersisa sekitar Rp1,2 triliun tidak bisa pembangunan kegiatan fisik bisa dilaksanakan, "kata Suyatno.

Melalui SKPD yang ada sesuai dengan tugas dan fungsi (Tupoksi) diminta harus menggali potensi yang ada. Misalnya Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP), SKPD ini memiliki alat berat yang disewakan dan tentunya bisa menambah PAD. Kemudian Dinas perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkomonfo), SKPD ini bisa mengelola parkir dengan benar agar bisa menambah PAD.

Selanjutnya Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR). SKPD ini menangani izin mendirikan bangunan (IMB). Nah, kalau ini dioptimalkan maka juga akan mampu menambah PAD.

"Karena masyarakat yang mendirikan rumah, ruko dan warung setiap tahunnya terus meningkat. Kalau ini benar-benar digali, maka saya sangat berkeyakinan kita mampu melaksanakan berbagai pembangunan tanpa bergantung dari dana APBD," pungkasnya. (**)


virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2015 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]