Senin, 16 09 2019
Follow:
 
FAKTA POST / Pemprov Riau
Advetorial,
Pengembangan Asesment Center BKP2D Provinsi Riau Dalam Menggali Pemimpin Handal

Senin, 26/09/2016 - 04:33:56 WIB

FAKTAPOST.COM:Pengembangan  Asesment  Center  BKP2D Provinsi Riau Dalam Menggali Akuntabilitas SDM merupakan salah satu isu yang paling disoroti oleh para pimpinan perusahaan. Pernyataan bahwa "Man behind the gun" atau kunci dari keberhasilan, namun di sisi lain praktek untuk mewujudkan SDM yang berkualitas seringkali menjadi nomor dua apabila hal tersebut dikaitkan dengan biaya.

Karena adanya dua isu ini, yaitu membutuhkan SDM berkualitas, dan kebutuhan SDM berkualitas, maka perlu suatu upaya agar metoda pengembangan SDM diyakini baik, sehingga biaya yang dikeluarkan memadai dengan hasil yang diperoleh.

Sebagai suatu metoda untuk menggali kemampuan manajerial, Assessment Center memiliki kekuatan yang cukup tinggi dalam memprediksi tingkat keberhasilan seseorang dalam suatu posisi yang direncanakan baginya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh AT&T, dari 103 orang yang diidentifikasi sebgai "high potential person", 54% mendapat promosi satu tingkat dengan kesuksesan signifikan dan 42% mendapatkan promosi dua tingkat dengan kesuksesan yang juga signifikan. Dari penelitian tersebut, metoda Assessment Center memiliki tingkat reliabilitas yang cukup tinggi dibandingkan dengan metoda lainnya.

Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Daerah (BKP2D) melakukan pemetaan Jabatan Administrasi (Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas) dalam rangka memenuhi kebutuhan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta hal lain yang dibutuhkan.

Apa tujuan membuat Assessment Center?
Assessment Center selain
betujuan untuk memilih calon-calon pimpinan yang handal dan siap
menghadapi tugas-tugas ke depan nanti, juga digunakan untuk
mengidentifikasi kebutuhan pengembangan, yang perlu diberikan kepada
setiap karyawan agar lebih siap menghadapi tugas-tugas yang akan
diberikan di kemudian hari. Assessment Center sebagai suatu metoda,
selain digunakan dalam program pengembangan karir, juga digunakan dalam
proses seleksi dan penempatan karyawan.

Hal ini sesuai dengan Surat Gubernur Riau Nomor 800/BKP2d/82.16 tanggal 22 Agustus 2016 hal Pemetaan Jabatan Administrasi Provinsi Riau. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara bahwa untuk mewujudkan ASN sebagai bagian dari reformasi birokrasi perlu ditetapkan ASN sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerjanya dan menerapkan prinsip merit dalam pelaksanaan manajemen ASN.


Kepala BKP2D Drs. Asrizal,M.Pd mengatakan pemetaan ini dilakukan untuk mendapatkan Pejabat Jabatan Administrasi yang bertanggungjawab dan memiliki kompetensi.


"Sebagaimana tersebut dalam UU No 5 Tahun 2014 Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas bertanggung jawab memimpin dan mengendalikan pelaksanaan seluruh kegiatan  pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan yang ditetapkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan" ujarnya.

Lebih lanjut Asrizal mengatakan pemetaan ini dilaksanakan secara bertahap mengingat banyaknya peserta yang akan mengikuti pemetaan tersebut.

"Pemetaan dilakukan dalam dua tahap yaitu Tanggal 29 Agustus s/d 08 September 2016 Pemetaan Jabatan Administrator (setara Esselon III), kemudian tanggal 03 Oktober s/d 08 November 2016 Pemetaan Jabatan Pengawas (setara Esselon IV)" katanya.(adv/humasriau)



virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2015 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]