Sabtu, 13 Juli 2024
Follow:
 
FAKTA POST / Siak
PERIODE JANUARI - MARET
Tahap Pertama, Baznas Siak Salurkan Rp1,2 Miliar Zakat Untuk Modal Usaha dan Ternak

Rabu, 18/04/2018 - 19:03:49 WIB
Gambar: net
TERKAIT:
   
 

FAKTAPOST.COM-SIAK:Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak menyalurkan zakat produktif tahap I  pada penerima zakat (mustahiq) sebesar Rp1,2 miliar lebih berupa modal usaha ataupun ternak sapi dan kambing.

"Zakat produktif ini dihimpun dari para muzaki melalui badan amil zakat dan UPZ se-kabupaten Siak yang memiliki harta berlebih untuk membantu perekonomian masyarakat tidak mampu," kata Ketua Baznas Kabupaten Siak Rasyid Suharto Pua Upa, Rabu.

Zakat yang dikumpulkan selama periode Januari - Maret 2018 jumlah keseluruhannya mencapai Rp2,1 miliar lebih, yang akan disalurkan ke setiap kecamatan dan kampung dari 6-28 April.

"Pembagian masih memakai dua pola, yakni pola konsumtif dan produktif. Penyaluran pola konsumtif pada tahap I ini sebesar Rp908.145.000, dan pola produktif senilai Rp1.248.702.000," ujarnya.

Untuk pola produktif sendiri, masing-masing kecamatan pendistribusiannya berbeda-beda, berupa berbentuk uang tunai untuk modal usaha, ada juga bantuan ternak sapi dan kambing untuk dikembangkan penerima zakat sebagai peningkatan perekonomian.

"Seperti halnya di Kecamatan Lubuk Dalam, penerima zakat produktif mendapat ternak kambing sebanyak tiga ekor per kepala keluarga," ucapnya.

Sedangkan penerima zakat konsumtif se-kabupaten Siak berjumlah 30.126 orang serta zakat produktif sebanyak 3.719 orang.

Dia katakan, Baznas dan UPZ Kabupaten Siak tidak akan henti-hentinya melakukan sosialisasi tentang pemahaman zakat di lembaga hingga kampung-kampung. Agar masyarakat lebih paham tentang pembayaran zakat serta kewajiban mereka.

"Kita bersyukur jumlah pengumpulan zakat Baznas di Kabupaten Siak sedikit demi sedikit mengalami peningkatan. Ini menunjukkan bahwa masyarakat peduli dan sadar akan pentingnya zakat," sebutnya.

Dia berharap dari jumlah zakat yang begitu besar didistribusikan setiap tahunnya penyalurannya sudah tepat sasaran dan berdaya guna, sehingga bisa menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Siak.***



(fpc/ant)

virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2020 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]