Sabtu, 13 Juli 2024
Follow:
 
FAKTA POST / Siak
KOTA ISTANA
5 Ribuan Pelajar Siak jadi Pagar Betis Sambut Obor Asian Games

Rabu, 01/08/2018 - 20:29:53 WIB

TERKAIT:
   
 

FAKTAPOST.COM-SIAK:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Riau menyiapkan lima ribuan siswa SD-SMA untuk menyambut dan memeriahkan kirab obor Asian Games yang bakal singgah malam ini ke "Kota Istana".

"Kita telah menyiapkan 5.892 pelajar untuk menyambut dan memeriahkan kirab obor Asian Games yang akan sampai menjelang magrib nanti di kabupaten Siak," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak, Lukman di Siak, Rabu.

Ribuan pelajar tersebut akan menjadi pagar betis untuk menyambut rombongan di beberapa titik, di antaranya Kampung Pangkalan Pisang (Buatan II), Kecamatan Koto Gasip, Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, di kediaman Bupati Siak, dan sepanjang jalan Raja Kecik.

Kirab obor diperkirakan akan sampai di kediaman Bupati Siak saat magrib, sekitar pukul 18.30 WIB. Rombongan akan berhenti di gerbang kediaman, obor akan dibawa Gubernur Riau untuk diarak dengan kompang menuju pelataran air mancur tanjak dengan pagar betis anak-anak sekolah berpakaian Melayu untuk diserahkan ke Bupati Siak Syamsuar.

Pukul 20.00 WIB obor akan dibawa secara estafet menuju lapangan Siak bermadah (depan Istana Siak). Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK sebagai pembawa pertama akan berlari hingga chek point 1, kemudian Dandim 0303 Bengkalis - Kepala Kejaksaan - Ketua Pengadilan Negeri - Perwira Penghubung Kodim 0303 Bengkalis - Wakapolres Siak - Sekretaris Daerah - Wakil Bupati dan terakhir Bupati Siak membawa hingga lapangan Siak Bermadah.

Pelajar Siak tidak hanya untuk menyambut kedatangan rombongan semata, tetapi juga berpartisipasi dalam memeriahkan malam puncak kirab obor api Asian Games dengan menampilkan beragam tarian Melayu dan Kebudayaan Siak. Sembilan atlit berprestasi juga berkesempatan membawa obor api dari depan istana hingga jembatan Sultanah Latifah.

Setelah acara puncak, sembilan atlet Siak berprestasi beserta 10 TNI dan 10 petugas kepolisian akan mengarak obor api hingga jembatan Sultanah Latifah dengan melewati beberapa situs sejarah Kesultanan Siak seperti Makam Koto Tinggi, Tepian Bandar Sungai Jantan, Mesjid Syahabuddin, Makam Pahlawan Sultan Syarif Kasim II, Makam Syekh Abdurrahman, dan Ruang Hijau Tengku Syarifah Aminah, Gedung Daerah SSK II, LAMR Siak, Mesjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Madinatul Ulum.

Dari jembatan Siak, obor Asian Games akan bertolak ke Kota Pekanbaru untuk disemayamkan hingga pagi di Gedung Daerah sebelum di arak keliling kota Kamis pagi (2/8).***



(fpc/ant)

   


virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2020 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]