17:01 | Bupati Trenggalek Akui Kinerja Satgas TMMD - 17:01 | Bupati Irdinansyah Tarmizi Terima INAGARA AWARD 2019 - 17:00 | Letkol Inf Malinton Kurniavi Dilantik Jadi Danyonif Raider - 17:00 | Diduga Bakar Lahan, Warga Teluk Merbau di Tangkap Polisi - 17:00 | 1.136 warga Pekanbaru terserang ISPA
Senin, 19 08 2019
Follow:
 
FAKTA POST / Sosial Budaya
410 Mahasiswa Unand Laksanakan KKN Di Tanah Datar

Rabu, 03/07/2019 - 22:47:22 WIB

FAKTAPOST.COM-SUMBAR:Sebanyak 410 orang mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di wilayah kabupaten Tanah Datar dan diterima secara resmi oleh Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr.Ermon Revlin di Aula Kantor Bupati Pagruyung Selasa (2/7).

Mahasiswa tersebut akan melakukan KKN dari tanggal 2 Juli hingga 9Agustus 2019 mendatang tersebar di 10 kecamatan di Tanah Datar.

Dalam kesempatan tersebut Ermon menyampaikan selamat datang di kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo dan kepada mahasiswa  berharap bisa menyesuaikan diri di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, "Mahasiswa juga harus belajar dan menghayati kehidupan masyarakat, mengetahui kesulitan masyarakat dan sekaligus membantu memberi solusinya," kata Ermon yang juga alumni Unand.

Ermon tambahkan, kepada mahasiswa agar mampu memanfaatkan waktu selama KKN untuk berkomunikasi dengan baik di tengah masyarakat agar tujuan dan manfaat KKN bisa tercapai. "Silahkan lakukan komunikasi yang baik dengan masyarakat dan gali informasi berupa apa kendala yang dihadapi, serta bersama-sama mencari solusi yang terbaik," ajaknya.

Lebih lanjut Ermon juga sampaikan visi dan misi serta beberapa program pemerintah kabupaten Tanah Datar di antaranya, kabupaten madani dengan menjadikan kabupaten Tanah Datar  kabupaten Tahfiz yang berlandaskan ABS-SBK serta prioritas pembangunan SDM , di mana kabupaten Tanah datar tidak ada anak yang tidak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri karena keterbatasan biaya atau kurang mampu, ini akan dibantu melalui BAZ Tanah Datar, pemda dan perantau.

Diakhir sambutan Ermon sampaikan kalau ada masalah di lapangan harus di laporkan ke dosen pembimbing dan dikoordinasikan dengan wali nagari, camat.

Kerjasama, menurut Ermon, penting dalam mencapai keberhasilan, baik dengan pemerintahan nagari yang berupaya secara maksimal, serta dituntutnya jiwa yang dinamis sebagai inovator sekaligus motivator dalam pelaksanaan pembangunan masyarakat.

Sebelumnya Kepala Dinas PMPPKB Nofenril sampaikan mahasiswa yang melakukan KKN di Kabupaten Tanah Datar tersebar di 15  nagari pada 10  kecamatan yaitu kecamatan X koto, Batipuh, Batipuh Selatan, Pariangan, Limo Kaum, Rambatan, Padang Ganting, Sungai Tarab, Salimpaung dan Lintau Buo Utara.

Selain mahasiswa dari Unand juga ada Perguruan Tinggi lain yang melakukan KKN di Tanah datar yaitu Universitas Bung Hatta di kecamatan Lima Kaum dan Pariangan dari tanggal 5 Agustus sampai 5 September 2019, Universitas Eka Sakti di kecamatan X Koto dan Batipuh, dan IAIN Batusangkar di kecamatan Batipuh Selatan dan Batipuh dari tanggal 17 Juni sampai 20 Juli 2019 mendatang.

Sementara Wakil Dekan III Fakultas Farmasi Dr. Dedy Almasdy, M.Si, Apt didampingi Koordinator KKN-PPM Kabupaten Tanah Datar Prof. Endang Purwati sampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan dan penerimaan mahsiswa untuk melakukan KKN di Tanah Datar. Dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa kepada Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Ermon dilanjutkan kepada Camat dan Walinagari.

Turut hadir pada acara tersebut, Pimpinan OPD, dosen pendamping, serta camat dan wali nagari dari lokasi yang akan ditempati oleh mahasiswa KKN.***



(Tim)

virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2015 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]