17:59 | Dari Bedah Kasus Berita Ramah Anak - 17:59 | JURNALISTIK DI ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI - 17:58 | Hj.Mufida Jusuf Kalla Beri Bantuan Kepada Sentra Tenun Lintau Buo - 17:58 | Jelang Pengesahan Warga Baru Pencak Silat di Lamongan - 17:58 | Wabup H.Zuldafri Darma:Empat Destinasi Wisata Unggulan Tanah Datar
Senin, 16 09 2019
Follow:
 
FAKTA POST / Sosial Budaya
HUT RI KE-74
Bupati Irdinansyah Tarmizi Ramah Tamah Dengan Veteran

Minggu, 18/08/2019 - 18:44:37 WIB

FAKTAPOST.COM-SUMBAR:Jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sungguh sangat besar. Kondisi hari ini yang dirasakan rakyat Indonesia tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan mereka.

Hal ini ditekan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat temu ramah dengan pejuang perintis kemerdekaan dan veteran usai Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Gazebo Indo Jolito, Sabtu (17/08/2019).

"Kondisi hari ini yang sudah maju dan lebih sejahtera dibanding zaman orang tua maupun kakek kita sebelumnya tidak lepas dari perjuangan rakyat bapak dan ibu veteran yang berkuah darah bahkan mengorbankan nyawanya untuk bisa tegaknya NKRI di bumi pertiwi ini," sampai bupati.

Bupati tegaskan generasi saat ini mempunyai kewajiban mempertahankan NKRI dan mengisi kemerdekaan dengan karya-karya nyata untuk kemajuan bangsa Indonesia sehingga perjuangan para pahlawan bangsa tidak menjadi sia-sia.

"Untuk itu kami yang menerima amanah masyarakat akan menjaganya dengan baik, berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sesuai kewenangan masing-masing," ungkap bupati yang turut Forkompinda beserta isteri, Wakil Ketua Sementara Istiqlal dan anggota DPRD, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri dan Kepala Perangkat Daerah.

Pemerintah daerah dalam hal ini sampai bupati melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik. "Kita bangun jalan, jembatan, irigasi untuk kesejahteraan masyarakat serta kita punya program rehab rumah bagi masyarakat tidak mampu," urainya.

Bupati juga menghimbau para pejuang dan veteran dapat menginformasikan kepada pemerintah daerah apabila ada sanak keluarga yang terkendala biaya masuk Perguruan Tinggi Negeri.

"Kita tegaskan tidak ada anak Tanah Datar yang gagal kuliah di Perguruan Tinggi Negeri karena alasan biaya, kita sudah siapkan anggaran untuk membantu anak-anak kita tersebut," ucapnya lagi.

Di kesempatan itu bupati mengajak anak bangsa senantiasa mendo'akan para pejuang yang sudah mendahului maupun yang masih hidup agar selalu mendapat rahmat dari-Nya.

Senada dengan itu Ketua Sementara DPRD Jonnedi menyebutkan bangsa yang besar yang tahu dengan perjuangan para pahlawan dan bangsa yang hebat bangsa yang tahu sejarah bangsanya.

"Fasilitas yang ada saat ini, mobil yang mengantarkan kemana-mana, bisa memakai sepatu berkilat dan sebagainya tidak lain karena jasa para pejuang, untuk itu perlu kita tekankan sikap menghargai jasa pahlawan menjadi kewajiban kita semua dan perlu dipesankan ke generasi muda," sampainya.

Ketua LVRI Kabupaten Tanah Datar Abdul Majid turut mengajak bangsa Indonesia bersyukur atas nikmat kemerdekaan. "Mari kita banyak-banyak bersyukur kepada Allah SWT, saat ini kita sudah jauh beruntung jika dibandingkan kondisi puluhan tahun yang lalu," ajaknya.

"Dulu semua susah, untuk ke Batusangkar dari Koto Tuo Sungai Tarab harus jalan kaki karena kendaraan belum ada, jalan pun tidak sebagus sekarang, saat ini semua sudah teratur dan maju" kenangnya yang lama mengabdi sebagai Walinagari Koto Tuo dari tahun 1969 sampai 1983.

Begitu mengenai anggaran nagari terang Abdul Majid, pemerintah nagari dahulu minim anggaran untuk membangun sementara saat ini sebaliknya malah kadang-kadang bingung untuk membelanjakan karena anggaran sekarang sudah besar.

Abdul Majid juga mengajak rekan-rekan pejuang dan veteran untuk bersyukur atas perhatian pemerintah.

"Dulu veteran tidak ada disebut-sebut, namun saat ini sudah ada perhatian dari pemerintah untuk membantu ekonomi para pejuang dan veteran dan ini harus disyukuri," ajaknya.

Di kesempatan itu Bupati juga menyerahkan bantuan dari APBD Tanah Datar secara simbolis untuk penyandang disabilitas sebesar Rp.294.000.000 juta masing masing-masing Rp.3 juta untuk 98 orang, untuk lanjut usia sebesar Rp.201.600,000- masing-masing Rp.2.400.000 untuk 84 orang dan panti asuhan sebesar Rp 1.134.100.000,- untuk 14 panti asuhan.

Bank Nagari turut memberikan bantuan melalui CSR Bantuan Sosial Dana Pendidikan sebesar Rp.130.000.000,- diserahkan Kepala Bank Nagari Cabang Batusangkar Oktra Firdaus kepada Bupati Tanah Datar.***





(myt)


virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2015 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]