19:33 | Nama Pohon Andalas Diambil Jadi Nama Pulau Sumatera - 19:32 | Kabut Asap Berdampak Ke Sumatera Barat - 19:32 | Bupati Irdinansyah Ajak Masyarakat Hindari Dampak Buruk Kabut Asap - 19:32 | 45 Anggota DPRD Bengkalis Resmi Dilantik - 19:31 | Bupati Amril Hadiri Pelantika Anggota DPRD Bengkalis Masa Jabatan 2019-2024
Senin, 16 09 2019
Follow:
 
FAKTA POST / Regional
Kadis Koperindag Tanah Datar Sidak Ke Pembangunan Pasar Simabur

Rabu, 11/09/2019 - 19:04:07 WIB

FAKTAPOST.COM-SUMBAR:Pembangunan pasar simabur yg sdh lama didambakan warga pariangan akhirnya terlaksana saat ini setelah disidak oleh Kadis Koperindag Tanah Datar Selasa (10/09). Kemajuan pekerjaan sudah mencapai 15 persen dari target 13 persen berarti terdapat surplus.

Kita berharap pemabangunan pasar simabur ini juga mengurai kemacetan setiap hari pekan yakni Senin. Sama halnya dengan pasar Koto Baru yg juga tahun ini selesai dari kemacetan yg sudah ratusan tahun di Koto Baru tersebut.

Kadis Koperindag Marwan.SE mengatakan, Pasar Simabur ini diharapkan selesai minggu perta Desember tahun ini dengan Dana Tugas Perbantuan APBN senilai 3.4 M dari pagu dana Rp.4 M. Dan pasar ini seduai dengan prototaip Kementrian Perdagangan RI dibangun los dan Kios dimundurkan 3 Meter dari Jalan umum sehingga bisa basmenya dipakai untuk Parkir ujar Marwan yg rajin cek mendadak tanpa diketahui pemborong.

Ceking mendadak ini kita lakukan untuk mendapatkan informasi yang pasti bukan hanya menerima laporan PPK saja atau PPTK dan pemborong ujar Marwan.

Sementara itu Pasar koto Baru saat ini sudah mencapai 25 persen pengerjaanya juga direncanakan selesai minggu ke dua Desember tahunnini.

Insya allah tahun ini pasar Koto Baru tidak akan macet lagi sebab jalan yang selama ini 12 M ditambah lagi 12 M sehingga jalan padang panjang - bukittingi yg melewati pasar jari 4 lajur dengan memperlebar 24 M. Ditambah lagi dibangun jalan lingkar ke belakang pasar. Dan untuk gudang bongkar muat sudah dibangun tahun ini 3.500 M pada tanah yg telah dibebas kan oleh Pemda Tanah Datar.

Sementara komitmen Gubernur untuk menyediakan dananya juga sudah direalisasikan sebesar 13.6 Milyar ke Kas Daerah Tanah Datar. Sedangkan untuk pembebasan tanah DED, amdal lalilin, UKL UPL juga sudah dibiayai oleh Pemda Tanah Datar senilai 5.2 Milyar.

Selain pembangunan Jalan Negara didepan pasar, Jalan lingkar dalam pasar tahun ini juga sudah dibangun dua gudang bongkar muat. Namun untuk keseluruhan akan menghabiskan dana Rp.28.9 M. Berarti perlu tambahan dana Rp.16 M tahun 2020 mendatang, dan sudah pula kita ajukan ke Gubernur Sumbar dan Pemerintah Pusat ujar Kadis Koperindag.

Marwan yg membuat sejarah baru untuk mengatasi kemacetan di pasar Koto Baru yg sudah ratusan tahun itu. Diakui Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, bahwa solusi untuk mengatasi kemacetan koto baru itu baru memang seperti yg dilakukan oleh Tanah Datar saat ini. Berbagai solusi telah dilakukan seperti rencana Play ofer, penambahan jalur ke Kanan atau jalur bawah tanah selalu terkendala dengan PT KAI yg tidak bisa melepaskan assetnya.***



(mYt)

virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2015 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]