Senin, 30 November 2020
Follow:
 
FAKTA POST / Rokan Hilir
PENDELOLAAN SAMPAH
Sosialisasi PERBUB DLH bentuk Tim Satgas

Kamis, 27/02/2020 - 20:52:09 WIB

FAKTAPOST.COM-ROHIL:Dalam upaya menangani masalah sampah di kota Bagan Siapi Api Dinas Lingkungan Hidup (DLH),kabupaten Rokan Hilir (Rohil), membentuk tim satgas khusus untuk menertibkan sampah yang di buang oleh masyarakat secara sembarangan dan di luar jam yang telah ditentukan.

Sebanyak delapan orang yang di pilih Suwandi yang terdiri dari petugas pengawas kebersihan diberi pengarahan dan materi PERBUB terkait pengolahan sampah dan pelangaran bagi yang membuang sampah secara sembarangan saat rapat internal di kantor DLH, Komplek Perkantoran Batu Enam, rabu, 26/2/20.

Rencananya tim satgas tersebut beroperasi mulai senin hingga tiga bulan kedepan, dengan tugas materi  mensosialisasikan peraturan bupati Rohil (PERBUB), nomor 6 tahun 2017 tentang pengolahan sampah, dan memberi pemahaman terhadap dampak sampah.

Selain itu ada juga PERBUB nomor 58 tahun 2019 tentang tata cara pelaksana sanksi administratif serta penerapan sanksi bagi setiap individu atau badan usaha yang melakukan pelangaran pembuangan sampah secara sembarangan, dan PERBUB nomor 59 tentang pembatasan penguna plastik belanja.

PERBUB tersebut juga mengatur penempatan sampah organik dan non organik serta sampah limbah bahan  berbahaya dan beracun (B3), sesuai tempat yang telah ditentukan.

Menurut Suwandi, upaya ini dilakukan untuk menekan aktivitas bagi setiap pelangaran pembuangan sampah secara sembarangan, dan memberi edukasi bagi masyarakat bahwa penting nya peran bagi setiap individu dalam menjaga kebersihan lingkungan hidup.

"Ya ini salah satu upaya kita dalam melakukan penanganan masalah sampah yang ada di Rohil ini,  mudahan tim satgas yang kita bentuk ini bisa efektif dalam memberi pemahaman kepada masyrakat terkait pengelola sampah dan larangan membuang sampah sembarangan," ujar Suwandi.

Suwandi juga berharap kesadaran masyarakat  dalam penanganan sampah bisa di tingkatkan lewat sosialisasi perbub tersebut dan menjadi pelopor dari setiap individu untuk menciptakan lingkungan bersih sehat,  nyaman,  dan aman bagi rokan hilir kedepan.***



(cah)

virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2020 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]