">
Kamis, 25 April 2024
Follow:
 
FAKTA POST / Siak
Sejarah Baru Pemkab Siak,
2600 Pemain Kompang Meriahkan Tour De Siak 2016

Selasa, 18/10/2016 - 17:51:59 WIB

TERKAIT:
   
 

Kompang merupakan alat musik tradisional Melayu yang dimainkan untuk
menyambut tamu atau pejabat dalam sebuah acara. Pada tahun ini parade
kompang dimainkan dari tingkat anak-anak hingga dewasa.

SIAK:Sebanyak 2.600  pemain kompang meriahkan pembukaan iven balap sepeda internasional "Tour De Siak" tahun 2016 di halaman depan Istana Siak Sri Indrapura.

"Kita mempersiapkan sebanyak 2.600 pemain kompang untuk memeriahkan pembukaan Tour De Siak 2016," kata Bupati Siak Syamsuar, Selasa

Kompang merupakan alat musik tradisional Melayu yang dimainkan untuk menyambut tamu atau pejabat dalam sebuah acara. Pada tahun ini parade kompang dimainkan dari tingkat anak-anak hingga dewasa.

Pada pembukaan TDSi tahun ini dimeriahkan oleh permainan rakyat parade kompang dan gasing yang dimainkan oleh  siswa dasar dan seluruh pelajar SMP dan SMA se-kabupaten Siak dan orang dewasa. 

"Adanya permainan kompang dan juga gasing pada tahun ini, sengaja dibuatkan sebagai pembeda dari sebelumnya," paparnya lagi.

Pada kesempatan yang sama adanya pemberian rekor muri pemain kompang terbanyak di Indonesia yang diberikan kepada Bupati Siak Syamsuar oleh tim rekor museum, Jakarta.

"Pemecahan rekor muri pemain kompang ini adalah perolehan prestasi dari pelajar Siak di Indonesia. Ini adalah peristiwa kooperatif," lanjutnya

Katanya lahi ini adalah hasil karya dan karsa anak bangsa yang patut diapresiasi dan dibanggakan.

Kompang merupakan kesenian Melayu yang dimainkan secara beregu dalam keadaan duduk, berdiri atau berjalan. Biasanya alat musik ini dimainkan dalam acara pernikahan dan pawai menyambut pejabat daerah atau pejabat negara.(an/fpc)
 

virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2020 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]