Rabu, 28 Juli 2021
Follow:
 
FAKTA POST / Bengkalis
PENANGANAN SERIUS
Selatbaru jadi Desa Percontohan Konsep Pesisir dan Destinasi Wisata

Kamis, 31/05/2018 - 08:01:45 WIB

FAKTAPOST.COM-BENGKALIS:Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis menunjuk Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis sebagai desa percontohan dengan kriteria daerah pesisir dan destinasi wisata.

Desa/kelurahan percontohan ini adalah sebuah desa sehat dengan kondisi ideal yang memiliki kriteria yang baik secara administratif, melakukan upaya kemandirian dalam kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat, memiliki Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) dengan strata tertinggi, serta didukung oleh lintas sektoral dan lintas program secara sinergis dan terintegrasi.

Kepala Dinkes Kabupaten Bengkalis Supardi, S.Sos, MH, melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Irawadi, SKM, M.Ph, menjelaskan, permasalahan dibidang kesehatan terutama di daerah terpencil, pesisir maupun daerah destinasi wisata sangatlah kompleks dan diperlukan penanganan yang serius.

Diantaranya, masih banyaknya permasalahan kasus kematian ibu dan bayi, tingginya kesakitan karena keterlambatan penanganan dan rujukan, masih rendahnya tingkat kesehatan masyarakat, serta masih rendah dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Berbagai permasalahan pembangunan di desa sering kali tidak memiliki kinerja yang terpadu. Sehingga pada saat dilakukan penilaian banyak poin-poin yang kosong. Setiap sektor dalam melakukan pembinaan belum terpadu (sendiri-sendiri), menyebankan sulitnya untuk mencapai target program seperti PMD sendiri, kesehatan sendiri dengan PHBS, lomba Posyandu dan lain-lain.

Dinas Pendidikan (Disdik) sendiri dengan pembinaan sekolah sehat, PU sendiri dengan penyediaan air bersih sehingga hasil tidak saling sinergis.

Seringkali dalam penilaian tingkat nasional desa/kelurahan tidak mampu bersaing karena tidak ada desa yang mendekati ideal untuk capaian seluruh target program. Maka, ketika diajukan ke tingkat nasional selalu mengalami kekalahan.

Pembangunan di lokasi wisata memerlukan koordinasi oleh berbagai pihak, dukungan dan intervensi kesehatan terhadap pembinaan masyarakat di wilayah destinasi. Tujuannya, untuk mendorong terciptanya lingkungan objek wisata yang bersih dan higienis.

"Hal tersebut yang melatarbelakangi, mengapa Kabupaten Bengkalis memilih Desa Selatbaru sebagai desa percontohan dengan kriteria daerah pesisir dan destinasi wisata," ungkap Irawadi, Rabu (30/5/18).

Irawadi menambahkan, oleh sebab itu semua pihak baik masyarakat, pemerintah desa, intansi terkait harus terkoordinir dalam pembangunan di desa percontohan ini. Agar terwujud Program Bersama (Programa) DSRH DSBH, “Desaku Sehat Riauku Hebat, Desaku Sehat Bengkalisku Hebat.***


(fpc/rtc)

virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2020 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]