19:33 | Nama Pohon Andalas Diambil Jadi Nama Pulau Sumatera - 19:32 | Kabut Asap Berdampak Ke Sumatera Barat - 19:32 | Bupati Irdinansyah Ajak Masyarakat Hindari Dampak Buruk Kabut Asap - 19:32 | 45 Anggota DPRD Bengkalis Resmi Dilantik - 19:31 | Bupati Amril Hadiri Pelantika Anggota DPRD Bengkalis Masa Jabatan 2019-2024
Selasa, 19 Maret 2024
Follow:
 
FAKTA POST / Suara Aceh
TEMU PERS DIPENDOPO
Shabela ungkap capaian sepanjang tahun 2018

Minggu, 30/12/2018 - 13:26:33 WIB

TERKAIT:
   
 

FAKTAPOST.COM-TAKENGON:Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengungkapkan sejumlah capaian yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Tengah sepanjang tahun 2018.

Dihadapan sejumlah wartawan usai sarapan dan ngopi pagi di Pendopo setempat, Sabtu (29/12), Shabela secara umum menyampaikan perkembangan pembangunan fisik dan pelayanan publik yang sudah terlaksana.

"Banyak capaian yang sudah dilakukan ditengah keterbatasan anggaran dan kenyataan tidak ada dana Doka untuk Aceh Tengah, karena capaian tersebut bukan berarti hanya pembangunan fisik, tapi juga non fisik," kata Shabela.

Seperti dibidang pendidikan yang menonjol adalah capaian peringkat kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk tingkat SMP se Provinsi Aceh.

Dibidang budaya dengan penetapan Tari Sining dan Keni Gayo sebagai warisan budaya tak benda Indonesia yang semakin menguatkan kehidupan budaya dalam keseharian masyarakat.

Disektor kesehatan, Shabela menyebutkan sebanyak 11 Puskesmas sudah terakreditasi secara Nasional dan menyusul 3 Puskesmas lagi di tahun 2019.

Kemudian, BLUD Datu beru kembali mendapat akreditasi paripurna sesuai standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) untuk tahun 2018 sebelumnya sudah pernah diterima pada tahun 2015.

Pembangunan fisik yang paling menonjol adalah pengaspalan jalan Totor Uyet-Tapak Moge sepanjang 7 kilometer. Bila selama ini Takengon-Tapak Moge harus memutar lewat bukit sepanjang 17 kilometer, kini lebih singkat 7 kilometer, dan ternyata ruas jalan ini sudah dirintis sejak tahun 1958.

Ada beberapa lagi ruas jalan lain yang sangat dinanti oleh masyarakat sudah selesai ditahun 2018, seperti ruas Paya Kolak-Pilar, jalan utama Ratawali-Blang Mancung, serta peningkatan jalan di wilayah pinggiran seperti Serule dan Umang Isaq.

"Total pembukaan jalan sepanjang tahun 2018 adalah 58,6 kilometer, pengerasan jalan 4,2 kilometer, aspal Hotmix sepanjang 13,35 kilometer dan aspal lapen 3,5 kilometer," sebut Shabela.

Ditambahkannya, saluran irigasi yang sudah dibangun juga tidak sedikit, yaitu sepanjang 41.629 Meter dengan jumlah anggaran sekitar Rp. 47 Milyar.

Penetapan Takengon sebagai Kota Sehat oleh Pemerintah Aceh dan Anugerah Adhikarya Pangan Nusantara 2018 dari Presiden RI semakin melengkapi prestasi Aceh Tengah tahun 2018.

Pengembangan lahan pertanian juga menjadi fokus Shabela, dengan bertambahnya luas lahan cabe merah, bawang merah, bawang putih, jeruk keprok gayo, alpukat, tembakau, kentang dan persiapan lokasi kebun induk kopi seluas 4 hektar di Arul Badak Kecamatan Pegasing.

Selain itu juga Shabela mengapresiasi komunitas masyarakat dengan mengembangkan banyak destinasi wisata baru yang semakin membuat dunia pariwisata Aceh Tengah semakin bergeliat.

Berbagai capaian tersebut menurut Shabela turut mempengaruhi angka kemiskinan Aceh Tengah dari 16,84 keadaan tahun 2017 menjadi 15,25 pada semester pertama tahun 2018.

"Kita akan terus berbuat dan berupaya menjalankan visi dan misi membawa kesejahteraan bagi masyarakat," demikian Shabela mengakhiri penjelasannya

Pada acara temu Pers ini Shabela tampak didampingi Wakil Bupati Firdaus, Ketua DPRK Ansharuddin Syarifuddin Naldin, Staf Ahli dan Asisten Bupati serta sejumlah kepala SKPK terkait.***



(mahdi)





virgin hair diamond jewelry

Copyright 2013 - 2020 PT. FAKTAPOST MEDIA CITRA, All Rights Reserved
[ REDAKSI & MANAJEMEN ]